The Interview (2014/US)


The InterviewZerosumo.net – Percaya atau tidak, The Interview untuk saat ini menjadi film komedi dengan rating tertinggi di IMDB. Entah karena publicity stunt atau insiden hacking yang terjadi pada Sony Pictures, yang jelas, sebagai film yang paling banyak dibicarakan di akhir tahun 2014, The Interview berhasil menarik perhatian dari kalangan yang cukup banyak, padahal mengingat film ini adalah film komedi stress ala Seth Rogen dan Evan Goldberg, apa sebenarnya yang membuat The Interview spesial? Jawabannya adalah tidak ada, satu-satunya yang membuat The Interview spesial hanyalah insiden teror dan rilisnya film ini secara gratis di dunia maya, tapi kalau anda mengenyampingkan isu tersebut, secara garis besar The Interview adalah film komedi Seth Rogen yang bagi saya pribadi at least lebih lucu dan lebih baik dari This Is the End yang random itu.

Mungkin The Interview memang kurang ajar, dan mungkin film ini secara tidak langsung bisa memicu perang dunia ketiga. Yang jelas apa yang dilakukan oleh Seth Rogen dkk memang keterlaluan gilanya. Tidak aneh kalau Korea Utara memang ada dibalik insiden hacking database Sony Pictures itu. Tapi kalau ditilik lebih dalam, tidak ada yang tahu apakah insiden itu benar terjadi atau ini hanyalah publicity stunt yang rapih, karena walaupun The Interview dirilis secara gratis di dunia maya, film berdurasi kurang dari dua jam ini tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan dari perilisan terbatasnya. Tapi secara moral, siapa sih yang tidak sakit hati melihat pemimpin negaranya di-mocking habis-habisan oleh ‘Murica yang seperti biasa selalu tampil hebat walau dibalik kehebatannya terdapat orang-orang konyol seperti Seth Rogen dan James Franco.

The InterviewOke, lupakan soal moral, mari kita bicara filmnya. Secara garis besar, saya harus akui kalau The Interview ini tetap lucu, setidaknya lucu kalau anda memang paham dengan komedi-komedi ala Seth Rogen dkk. Memang bukan film komedi untuk semua orang tapi saya termasuk orang yang mengikuti dan menikmati beberapa film komedi Seth Rogen. Apalagi The Interview ini banyak memasukan quote-quote legendaris dari film-film populer untuk dijadikan bahan becandaan sampai akhirnya lagu ‘Firework’ Katy Perry yang entah kenapa serasa menjadi anthem unofficial Korea Utara, dengan adanya dua faktor tersebut, saya sudah cukup tertawa sih menonton film yang diisi jajaran cameo supernya itu.

The InterviewAlkisah acara talkshow dengan host Dave Skylar (James Franco) yang bernama The Interview cukup mendapatkan rating yang lumayan karena isinya hanyalah interview yang mengupas ketidakpentingan seorang selebriti. Acara interview mereka dengan Eminem di opening film cukup membuat saya tertawa puas, membuktikan isu vulgarisme dan homophobic ala Seth Rogen selalu menjadi bagian dari komedinya. Tapi sang produser, Aaron (Seth Rogen) merasa acaranya berjalan stagnan, ia menginginkan bintang tamu yang lebih berpengaruh untuk diwawancara oleh Skylark yang entah kenapa hiperaktif dan bloon. Sampai akhirnya Skylark dan Aaron berkesempatan untuk mewawancarai presiden Korea Utara yang tidak lain dan tidak bukan adalah Kim Jong-un (Randall Park). Tapi ketika mereka mendapatkan tawaran tersebut, FBI meminta Skylark dan Aaron untuk membunuh Kim Jong-un, apalagi ketika Skylark sudah terlalu dekat dengan Kim Jong-un, apakah ia akan tetap menjalankan misi rahasia tersebut?

The InterviewAnda pasti sudah tahu jawabannya walau belum menonton film ini, itulah gambaran besar The Interview, dengan quote-quote memotivasi ala Lord of the Rings sampai Inception, naskah yang ditulis oleh Dan Sterling diterjemahkan dengan cara yang cukup absurd dan radikal oleh Evan Goldberg dan Seth Rogen serta didukung penampilan yang cukup stress dari James Franco yang percaya atau tidak pernah tampil apik di film sekelas ajang Academy Award seperti 127 Hours, ha-ha. Tapi ya entah apa maksud dan tujuan Seth Rogen membuat film yang menginjak-nginjak harkat dan martabat Kim Jong-un ini, walau kita hidup di dunia yang tanpa batas seperti sekarang bukan berarti menghina pemimpin suatu negara pun bisa dibebaskan begitu saja.

Yang jelas, saya tidak mau ambil pusing soal hubungan politis tentang ‘Murica dan Korea Utara tersebut. Sebagai sebuah film komedi Seth Rogen, like always The Interview tetap menghibur saya sih, mau seperti apapun juga, banyak momen-momen tolol yang berhasil membuat saya tersenyum sampai tertawa cukup lebar, apalagi setelah melihat penampilan James Franco yang absurd dan sotoy di film yang bisa anda saksikan sekarang juga dengan kualitas yang bagus di lapak bajakan. Well, kita lihat saja, apakah yang terjadi setelah rilisnya The Interview yang offensif ini. Semoga dunia masih aman tentram dan bebas dari yang namanya perang dunia, ha-ha.

Rating: 3/5

2 thoughts on “The Interview (2014/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s