Night at the Museum: Secret of the Tomb (2014/US)


Night at the Museum Secret of the TombZerosumo.netNight at the Museum: Secret of the Tomb bisa jadi film komedi penutup tahun yang paling menghibur bagi saya pribadi. Apa sih yang anda harapkan dari film komedi Ben Stiller yang awalnya dimulai tahun 2006 itu? Tidak usah berpikir muluk-muluk jika melihat Ben Stiller berseragam satpam museum yang isinya selalu hidup ketika malam hari, nikmati saja filmnya dan segala kekonyolan yang ada di dalamnya. Kali ini geng Ben Stiller kembali lagi bertualang bersama para penghuni museum, dan bisa dikatakan, sebagai film terakhir Robin Williams dan juga film terakhir trilogi Night at the Museum, Secret of the Tomb merupakan film penutup yang manis.

Alkisah Larry (Ben Stiller) sekarang sudah makin mahir menjaga museum yang tiap malam suka berpesta, tapi sayang suatu hari para penghuni museum yang seperti biasa terdiri dari Teddy Roosevelt (Robin Williams), Jedediah (Owen Wilson), Octavius (Steve Coogan), Attila the Hun (Patrick Gallagher), Sacajawea (Mizuo Peck), Ahkmenrah (Rami Malek) dan segelintir manusia purba dan si monyet Dexter (Crystal the Monkey) serta penghuni lainnya yang belum disebutkan mengalami ‘kelainan’ karena mereka menjadi seperti mainan rusak. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh tablet emas milik Ahkmenrah yang mulai berkarat. Untuk mencegah karat yang menyebar di tablet emas tersebut Larry harus pergi ke museum di London karena disana ternyata bersemayam ayah Ahkmenrah, yaitu Merenkahre (Ben Kingsley).

Night at the Museum Secret of the TombPetualangan Larry dkk di London juga makin ramai ketika Larry harus berhadapan dengan satpam wanita yang sangat konyol, Tilly (Rebel Wilson) dan juga Sir Lancelot (Dan Stevens) yang tidak bisa menghadapi kenyataan bahwa dirinya hanyalah pajangan museum semata. Lalu Larry pun kali ini harus berhadapan dengan manusia purba baru yang sayangnya mirip seperti dirinya sendiri. Selain geng Larry dkk, geng satpam tua yang ada di film pertamanya, Cecil (Dick Van Dyke), Gus (Mickey Rooney) dan Reginald (Bill Cobbs) turut hadir kembali. Intinya, Secret of the Tomb merupakan film penutup yang cukup komplit dan juga lumayan emosional karena film berdurasi 90 menitan ini merupakan film terakhir dari pemeran Teddy Roosevelt dan Gus sebelum mereka wafat di tahun 2014.

Night at the Museum Secret of the TombMungkin kadar emosional filmnya makin terasa apalagi ketika Larry memutuskan untuk mengembalikan tablet emas Ahkmenrah ke Merenkahre di London, dengan kata lain, penghuni museum Larry akan kembali lagi menjadi patung selamanya. Perpisahan yang terjadi antara Teddy Roosevelt pun cukup mengharu biru, karena secara tak langsung seperti melihat perpisahan yang diutarakan langsung oleh Robin Williams itu sendiri kepada para penonton dan penggemarnya. Tapi kalau bicara yang seru-serunya, Secret of the Tomb tetap menjadi film komedi yang menghibur dari menit awal sampai akhir, masih banyak momen-momen awkward nan konyol yang disuguhkan oleh Ben Stiller, Ricky Gervais dan juga Rebel Wilson yang super agresif dan random, ha-ha.

Night at the Museum Secret of the TombSelain itu, seperti biasa, karakter Jedediah dan Octavius selalu menjadi scene stealer di setiap instalmen Night at the Museum, entah kenapa duet Owen Wilson dan Steve Coogan ini selalu bisa membuat saya tertawa terbahak-bahak. Tidak aneh katanya bakal ada spin-off khusus yang menceritakan sepak terjang Jedediah dan Octavius di tahun 2015 sekarang, tapi entah apakah projek tersebut diteruskan atau tidak karena beritanya dulu santer terdengar sebelum berita meninggalnya Robin Williams. Yang jelas dari segi lelucon, Secret of the Tomb masih sama seperti dua film pendahulunya, selalu menghibur dengan caranya sendiri, bahkan anda akan makin terhibur karena sebelum penghujung film bakal ada penampilan super cameo Hugh Jackman yang akan memerankan karakter favoritnya lengkap dengan theme song filmnya, ha-ha.

Night at the Museum: Secret of the Tomb mungkin tidak mempunyai alur cerita yang terlalu spesial, tapi kesan nostalgianya dan tambahan karakter barunya serta perpisahan yang terjadi di dalam film yang masih ditangani oleh Shawn Levy ini menambah nilai plus tersendiri kalau saya dan mungkin juga penonton lainnya bakal tetap terhibur oleh kekonyolan dan kekompakan geng Larry dkk. So long Night at the Museum, so long Mickey Rooney and so long Robin Williams.

Rating: 3/5

One thought on “Night at the Museum: Secret of the Tomb (2014/US)

  1. Pingback: The Guest (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s