Stretch (2014/US)


StretchZerosumo.net – Kalau bicara soal showreel, film-film Joe Carnahan tergolong cukup memuaskan untuk saya pribadi. Yang paling diingat saya tentunya adalah Smokin’ Aces yang gila itu dan remake The A-Team yang sangat menghibur. Bukan merupakan sutradara yang produktif dalam menangani film panjang di Hollywood tapi karya terakhirnya yang berjudul Stretch terbilang ‘under the radar’ dan seperti tidak banyak orang yang tahu padahal film ini dibintangi oleh Patrick Wilson yang pernah beraksi menjadi villain di The A-Team dan juga Chris Pine si Captain Kirk generasi sekarang. Joe Carnahan membalut Stretch ini layaknya Smokin’ Aces, yaitu kekisruhan yang terjadi gara-gara tindakan satu orang.

Bedanya dengan Smokin’ Aces adalah kekisruhan yang terjadi di Stretch disebabkan oleh tindakan seorang supir limosin yang sedang krisis kepercayaan diri bernama Stretch (Patrick Wilson). Setelah ia gagal menjadi aktor, pekerjaannya sebagai supir limosin merupakan pekerjaan yang paling ia benci tapi demi menyambung hidup, mau tak mau Stretch menjalaninya. Dari mulai mencuri klien dari perusahaan supir limosin yang necis yaitu The Jovi sambil dikejar-kejar penagih hutang karena Stretch berhutang 6000 dollar gara-gara judi sampai akhirnya Stretch menemukan jalan keluar karena ia harus mengantar seorang milyuner nyentrik bernama Roger Karos (Chris Pine) berharap bahwa Stretch akan mendapat uang imbalan yang cukup untuk melunasi hutangnya.

StretchTapi pertemuan Stretch dengan Roger Karos menjadi awal dari kekisruhan, karena Stretch secara tak langsung harus mengambil barang yang diinginkan Karos demi imbalan 6000 dollar yang dijanjikan milyuner gila itu. Proses mengambil barang yang seharusnya mudah itu menimbulkan ‘efek rantai’ pada banyak pihak yang mengakibatkan Stretch kini jadi incaran banyak orang yang menginginkan sesuatu darinya. Hanya dengan bermodalkan limosin yang ia bajak dari tempat ia kerja, petualangan Stretch semalam suntuk hanyalah untuk membuktikan bahwa dirinya bisa lebih dari sekedar supir limosin biasa.

StretchSebagai film panjang arahan Joe Carnahan, Stretch mempunyai segala elemen dari film-film sineas berusia 46 tahun itu. Selalu mempunyai cara untuk membuat sebuah film menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan. Bedanya mungkin konklusi akhir dari Stretch tidak begitu klimaks menurut pandangan saya pribadi. Walau perlu diakui, sebagai film yang sangat low bujet (hanya syuting selama 21 hari dengan modal 5 juta dollar) Stretch tetap tampil berkelas apalagi ketika banyaknya cameo yang ikut nampil juga di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Mungkin cameo Ray Liotta dan Norman Reedus dari The Walking Dead bisa membuat anda nyengir apalagi ketika melihat keabsurdan profesi supir limosin yang dijalani oleh rekan sejawat Stretch, yaitu Karl (Ed Helms) yang tak lama bunuh diri karena profesinya sebagai supir limosin sangatlah menyebalkan, he-he.

StretchSebagai film low bujet dan bersettingkan semalam suntuk saja, Stretch cukup oke tapi kalau dibandingkan dengan karya Joe Carnahan sebelumnya, saya kurang puas dengan klimaks filmnya yang terkesan biasa saja dan klise. Tapi perjalanan dari awal sampai akhirnya patut diapresiasi, apalagi kalau anda bertanya-tanya siapa aktor dibalik pemeran Roger Karos yang ugal-ugalan tersebut, Chris Pine adalah salah satu aktor yang bertransformasi menjadi orang gila di film ini, tapi sayang sekali kegilaannya yang cukup meyakinkan tidak didukung dengan script yang kuat, karena backstory serta motivasi Roger Karos melakukan banyak kegilaan terasa kurang kuat saja bagi saya pribadi.

StretchOverall, sebagai film yang fun dan film yang menonjolkan banyak skema ‘kucing-kucingan’ ala film-film Joe Carnahan, Stretch bolehlah menjadi tontonan ringan di kala waktu senggang. Setidaknya anda akan menonton aksi Patrick Wilson layaknya superhero yang sedang krisis dan setidaknya anda nanti sadar kalau kehadiran Jessica Alba disini hanyalah sebagai pemanis semata saja, he-he. Just sit, relax and enjoy the ride with Stretch.

Rating: 2.75/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s