Housebound (2014/New Zealand)


HouseboundZerosumo.net – Membuat film horor itu susah, apalagi kalau mau membuat film horor yang bisa membuat anda ketawa tapi tanpa mengurangi rasa horornya. Housebound membuktikan kalau itu semua tidak benar, sebagai film panjang debutan dari sutradara Gerard Johnstone, Housebound secara mengejutkan tampil sebagai film horor komedi yang paling brilian di tahun 2014. Datang dari negara yang sudah menjadi lanskap baku untuk syuting film The Hobbit dan The Lord of the Rings, yaitu Selandia Baru, Housebound berhasil menjadi film yang menakutkan sekaligus mengocok perut saya di akhir tahun kemarin.

Alkisah cerita film Housebound dimulai dengan adegan konyol pembobolan ATM oleh gadis remaja badung yang bernama Kylie (Morgana O’Reilly). Setelah usaha membobol ATM-nya gagal, Kylie pun disidang dan pengadilan memutuskan untuk merehabilitasi Kylie dengan menjadikan dirinya sebagai tahanan rumah di rumah ibunya sendiri, Miriam (Rima Te Wiata). Masalahnya Kylie sudah lama tidak menginjakkan kaki di rumah tempat ia tumbuh besar, apalagi semenjak ditinggal ayahnya, sang ibu kini tinggal bersama suami kedua yaitu Graeme (Ross Harper). Kedatangan Kylie ternyata membangkitkan aura ‘aneh’ di rumah itu, apalagi ketika Kylie yang tidak percaya omong kosong ibunya bahwa rumah tersebut berhantu mengalami sendiri kejadian ‘mengerikan’ di basement rumah tersebut. Dengan bantuan Amos (Glen-Paul Waru), petugas yang bertanggung jawab memeriksa rutin Kylie sekaligus menjadi pemburu hantu abal-abal, Kylie berusaha menyingkap apa yang sebenarnya menghantui rumah orang tuanya tersebut.

HouseboundAnda harus menonton sendiri film Housebound ini, karena saya sendiri tidak tahu banyak tentang film ini dan ketika menontonnya saya terkejut karena film yang menang nominasi Special Award di Toronto After Dark Film Festival tahun 2014 itu memang menyimpan banyak kejutan yang dijamin bisa membuat perut anda kesakitan karena tertawa di momen-momen yang seharusnya horor. Apalagi film ini mempunyai plot yang cukup menarik layaknya film Cold in July yang pernah saya tonton berbulan-bulan lalu, bukan kesamaan tema, tapi kesamaan gaya mengubah plot. Jadi kalau anda kira film ini hanyalah film horor biasa, anda salah, karena dari horor, Housebound dengan cepat melompat ke ranah komedi sampai misteri pembunuhan, ha-ha.

HouseboundHousebound memang digarap dengan serius dan tidak main-main walau memang hasilnya adalah sajian gila yang bisa membuat anda bertanya-tanya sepanjang film. Dengan tone ‘eerie’ yang berhasil digambarkan lewat rumah tua Miriam dan Graeme dan tentunya ‘third party’ yang merasa terusik karena kedatangan Kylie yang super skeptis, acara hantu menghantui berubah menjadi acara detektif dan pemburu hantu amatir yang menyingkap masa lalu kelam yang pernah terjadi di rumah itu. Semua yang terjadi di film berdurasi kurang dari dua jam ini tidak akan lengkap tanpa penampilan Morgana O’Reilly dan Rima Te Wiata yang sangat apik, apalagi karakter pendukungnya pun tidak kalah banyol, Glen-Paul Waru yang menjadi pemburu hantu abal-abal benar-benar scene stealer andalah dengan ekspresi sotoy dan polosnya tersebut.

HouseboundSebagai sebuah tontonan horor yang menghibur saya sarankan anda untuk menonton film Housebound. Jangan berekspektasi aneh-aneh anda akan ketakutan menonton film ini, tinggal tonton dan nikmati saja apa yang terjadi dengan keluarga Kylie dan rumah tuanya yang menyimpan banyak misteri dan juga penunggu yang aneh dan absurd. Salah satu film horor komedi yang menghibur tahun 2014, dan datangnya dari Selandia Baru pula, well done!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Housebound (2014/New Zealand)

  1. Pingback: My 12 Favorite Movies of 2014 (That I’ve Downloaded) | zerosumo

  2. Pingback: What We Do in the Shadows (2104/New Zealand) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s