Keramat (2009/Indonesia)


KeramatZerosumo.net – Sebenarnya telat banget saya nonton film horor Indonesia berjudul Keramat ini. Film yang rilis tahun 2009 itu ternyata berhasil membuat bulu kuduk saya merinding, padahal waktu itu saya menonton film arahan Monty Tiwa ini di penghujung tahun, rame-rame sama teman-teman Moviegoers di sebuah rumah tua, malam itu hujan deras pula dan nonton filmnya ditembakkan pake proyektor, dan lampu dimatikan lalu volume dinaikkan. Nonton rame-rame aja masih serem, apalagi kalau nonton film ini di bioskop, tapi at least akhirnya saya menonton tuntas film Keramat, dan singkat kata, mungkin Keramat salah satu film horor terbaik yang pernah Indonesia punya.

Cerita film Keramat ini bergaya mockumentary atau ‘found footage’ yang dulu sempat tenar gara-gara film Blair Witch Project. Sebenarnya film horor gaya ‘found footage’ yang rilis di tahun 2014 juga banyak hanya kebetulan saja saya baru menonton si Keramat ini. Film Keramat merupakan film di dalam film, ceritanya ada sekelompok tim produksi film yang mau melakukan pra-syuting di Bantul. Perjalanan mereka dari Jakarta direkam oleh si Cungkring (Monty Tiwa), orang yang bertanggung jawab soal behind the scene. Tim produksi film ini terdiri dari sang sutradara galak, Miea (Miea Kusuma), sang astrada, Sadha (Sadha Triyudha), manajer produksi, Dimas (Dimas Projosujadi), dua pemain utama Diaz (Diaz Ardiawan) dan Migi (Migi Parahita), dan tim behind the scene, Poppy (Poppy Sovia).

KeramatSesampainya mereka di Bantul, ketika menginap di sebuah penginapan terpencil, entah mengapa mereka diganggu oleh makhluk halus yang tampak sekelebat dari lensa kamera Cungkring. Imbasnya adalah Migi kerasukan roh wanita yang namanya panjang dan saya lupa. Setelah kerasukan, Migi pun menghilang begitu saja dan teman-teman Migi panik dan mulai mencari Migi yang kata seorang paranormal disana, Migi sedang berada di dunia lain dan harus dikejar sendiri oleh para teman-temannya. Maka pencarian Migi pun dimulai dari Pantai Parangtritis sampai akhirnya mereka pindah tempat dalam waktu sekejap ke reruntuhan candi misterius yang super duper creepy.

KeramatSaya tidak bercanda, film Keramat ini memang sangat menyeramkan, apalagi nuansa klenik Jawa-nya terasa sekali. Dari mulai bunyi-bunyian gamelan sampai penampakan sekelebat hingga penampakan full frontal, film Keramat sukses membuat jantung saya berdebar-debar sepanjang film. Apalagi teknik ‘found footage’ yang diterapkan Monty Tiwa di film berdurasi 90 menitan ini cukup rapih. Penampakannya pun tidak dibabat terus-terusan, saya seperti masuk ke dalam kelompok si Cungkring yang ketakutan karena tiba-tiba saja mereka ada di dunia lain dan diganggu penampakan-penampakan khas Indonesia yang sangat familiar.

Okelah, tidak bisa bicara panjang lebar lagi, kalau anda memang penggemar film horor apalagi film horor seperti Blair Witch Project ataupun Paranormal Activity, film Keramat ini wajib hukumnya untuk ditonton. Monty Tiwa berhasil membawa atmosfer kengerian cerita mistis di daerah Jawa sana ke dalam layar lebar dalam bentuk ‘found footage’ yang sangat meyakinkan. Two thumbs up untuk Migi Parahita yang berhasil memerankan karakter gadis polos dan gadis kerasukannya dengan sangat meyakinkan, melihat ekspresi gilanya ketika sudah kerasukan saya langsung merinding! Tonton sajalah segera, enjoy the horror!

Rating: 4/5

10 thoughts on “Keramat (2009/Indonesia)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s