Short Film Review: Guk!, Merindu Mantan, The Couple, Nightmare


Zerosumo.net – Jadi ceritanya di awal tahun 2015 film yang pertama saya tonton adalah empat film pendek karya sineas lokal yang cukup oke punya. Sebenarnya dua dari empat filmnya sudah pernah saya tonton beberapa kali, tapi ada baiknya kalau sekarang saya review singkat saja semua film pendek tersebut. Oiya, special mention untuk para teman-teman dari MoviegoersID yang sudah menyelenggarakan acara nonton bareng empat film pendek asyik ini, lokasi nonton barengnya pun cukup asyik, yaitu di Paviliun 28 yang punya mini cinema yang cool! Lalu film pendek apa saja yang saya tonton kemarin?

Guk!

Film pendek yang judulnya juga tidak kalah pendek ini merupakan karya William Chandra yang sebelumnya pernah membesut segmen Impromptu di film omnibus 3SUM yang rilis tahun 2013 silam. Guk! menceritakan seorang bocah pemulung yang hidup serba tragis sementara si bocah melihat hidup seekor anjing di sebuah keluarga kaya raya lebih nyaman daripada dirinya.

GUK!Guk! memang sangat vokal bicara soal kesenjangan sosial, secara langsung menyentil gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia papan atas yang kadang kehidupannya bagaikan bumi dan langit dengan masyarakat papan bawah. Selalu miris memang melihat potret nyata bangsa Indonesia dan William Chandra berhasil menyampaikan semua itu dengan sederhana hanya lewat seorang bocah pemulung dan seekor anjing.

Rating: 3.5/5

Merindu Mantan

Merindu MantanWalau judulnya melankolis sekali, film pendek garapan Andri Cung yang juga baru saja merilis film panjangnya yang berjudul The Sun, The Moon & The Hurricane itu terbilang cukup mengerikan. Bagaimana tidak? Aimee Saras yang berperan menjadi seorang wanita yang sedang patah hati tidak hanya tampil cantik dan anggun tapi juga mematikan karena rindunya pada sang mantan bisa berubah menjadi teror paling perih untuk para pria hidung belang.

Merindu Mantan tampil sederhana tapi kaya akan visual dan juga scoring yang cukup cantik. Settingnya juga cukup konsisten sepanjang film berjalan, walau minim dialog tapi penampilan meyakinkan dari Aimee Saras terbilang cukup oke. Setelah menonton film ini mungkin anda akan berpikir dua kali kalau mau meninggalkan wanita secantik Aimee Saras hanya untuk mengejar tante girang, ha-ha.

Rating: 3/5

The Couple

The CoupleSekali lagi, walau judulnya terdengar sangat melankolis The Couple bukanlah film romansa tentang sepasang kekasih. Walau memang kita akan menonton sepasang pengantin baru yang sedang menjalani masa-masa manisnya, tapi ada sebuah konspirasi yang sedang direncanakan dibalik rumah tangga baru yang sedang mereka bangun.

Film pendek garapan Rivki Morais Umagapi ini merupakan salah satu film pendek yang mungkin menyimpan plot twist bagi anda yang suka dengan genre drama thriller. Penampilan apik dari empat karakter utamanya cukup meyakinkan, sampai adegan panasnya pun anda akan merasakan kalau keempat karakter utamanya itu seperti sudah terbiasa melakukan adegan tersebut, he-he. Well done.

Rating: 3/5

Nightmare

NightmareFilm pendek horor terbaru garapan Witra Asliga yang juga sutradara segmen Insomnight di film omnibus 3SUM ini hadir dengan start yang cukup mendebarkan. Sayang durasinya justru terlalu pendek untuk menyisakan sedikit ruang big reveal di endingnya. Sekilas mengingatkan saya pada film pendek horor yang sempat viral di tahun kemarin, yaitu Lights Out.

Sebagai film pendek yang digarap dengan bujet yang terjangkau, dari segi teknis Nightmare sudah sangat cukup baik apalagi dari departemen make-up-nya yang oke punya. Walau memang pada akhirnya Nightmare sedikit mengingatkan pada segmen Insomnight yang pernah digarap Witra Asliga dulu, setidaknya Nightmare lebih fresh dan lebih memberikan sedikit wawasan ‘eerie’ bagi anda yang suka mimpi buruk di malam hari, he-he.

Rating: 3/5

Itulah review singkat empat film pendek yang sudah saya tonton di awal tahun 2014 ini. Kalau anda penasaran pengen menonton film mereka, mungkin tanyakan langsung aja yah via Twitter yang sudah saya hyperlink di setiap nama para sutradara. Siapa tahu bisa ngobrol lebih banyak. Selamat menonton.

2 thoughts on “Short Film Review: Guk!, Merindu Mantan, The Couple, Nightmare

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s