Dracula Untold (2014/US)


Dracula UntoldZerosumo.net – Mengherankan, Dracula Untold termasuk salah satu film terburuk yang saya lihat di banyak daftar film-film terburuk tahun 2014 orang-orang. Entah kenapa ketika saya menonton film Dracula Untold, saya merasa film ini fine-fine saja, malahan film yang menceritakan asal muasal Count Dracula ini cukup menghibur diluar segala keklisean dan show-off spesial efek yang harus diakui cukup oke, lho. Luke Evans sebagai leading role disini juga tidak begitu mengecewakan, layaknya seorang aktor tampan dan bersahaja, perannya sebagai Vlad the Impaler itu terbilang cukup oke dan saya tidak keberatan kalau film Dracula Untold bakal ada sekuelnya dengan catatan sekuelnya nanti tetap memakai formula padat, singkat dan menghibur seperti yang satu ini. Disutradarai oleh Gary Shore yang ternyata sutradara debutan, toh Dracula Untold tidak begitu mengecewakan sebagai film hiburan yang mempunyai poster cukup oke tahun kemarin, ha-ha.

Dracula Untold menceritakan asal muasal vampir yang bernama Vlad the Impaler (Luke Evans), ternyata oh ternyata, Vlad the Impaler adalah orang baik dan bijak hanya saja selama dididik oleh Sultan Mehmed (Dominic Cooper) dari Turki, Vlad mendapatkan julukan The Impaler itu karena selalu membunuh orang paling banyak ketika perang. Sayangnya masa-masa damai Vlad terusik karena Sultan Mehmed meminta rakyat Vlad untuk ikut berperang tidak terkecuali para anak mudanya. Mendengar permintaan Sultan Mehmed yang seenak perut itu, Vlad meminta ‘wangsit’ kepada sang vampir yang bersembunyi di dalam gunung, dan seperti cerita para jagoan ahli neraka pada umumnya, Vlad rela berubah menjadi vampir demi mendapatkan kekuatan ekstra untuk melawan Sultan Mehmed dan ribuan pasukan Turki yang akan menyerang kampung halamannya. Walau kekuatan vampir yang didapatkan Vlad ini semacam ‘trial’ karena kalau dalam tiga hari Vlad tidak meminum darah manusia maka kekuatannya habis dan ia harus membayar versi ‘premium’ kalau istilah anda sering belanja apps di Play Store, maka ia pun memanfaatkan penuh waktu tiga hari trial tersebut untuk membantai semua pasukan Sultan Mehmed yang mulai ketakutan setengah mati melihat Vlad tiba-tiba jadi makin beringas.

Dracula Untold ini menarik buat saya pribadi kalau boleh jujur, sudah lama saya tidak dimanjakan film-film monster ala Hollywood yang menghibur dan Dracula Untold muncul di waktu yang tepat. Memang sih tidak spesial tapi saya tidak bosan kok menontonnya, entah kenapa dulu saya melewatkan film ini di bisokop karena spesial efeknya pun cukup memanjakan mata. Penggambaran Vlad the Impaler sebagai anti-hero pun terbilang sudah sesuai dan tidak lebay, toh pada akhirnya film ini tetap mengindikasikan bahwa petualangan Vlad the Impaler tidak berhenti di satu film saja dan katanya film ini akan menjadi pondasi baru bagi film-film monster semacam Frankenstein, Werewolf dll di Hollywood. Sebagai leading role, Luke Evans masih punya daya tarik, sama halnya dengan Dominic Cooper—yang style rambutnya terlalu modern untuk jaman Dracula—pun terbilang cukup meyakinkan sebagai seorang antagonis. Sisanya memang standar dan so-so, apa lagi yang anda harapkan dari film hiburan seperti ini? Tinggalkan otak anda di lantai kemudian duduklah di kursi sambil menyantap panganan ringan. Just enjoy the show, bro.

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s