The Skeleton Twins (2014/US)


The Skeleton TwinsZerosumo.net – Film drama depresif tapi tetap ngocol itu memang gampang-gampang susah untuk dibuat, The Skeleton Twins mungkin salah satu contoh dari jenis film-film seperti itu. Sebagai film drama komedi yang cukup banyak diperbincangkan orang apalagi dua pemeran utamanya juga kemarin nongol di acara Golden Globe Awards untuk membacakan nominasi, The Skeleton Twins tampaknya tidak terlalu mengena di hati saya. Bisa jadi tema depresif, bunuh diri, ‘finding each other at the end’ adalah tema yang sudah terlalu usang bagi saya dan kalau tidak ada film yang bisa membungkus tema tersebut dengan cara yang berbeda susah bagi saya untuk bisa suka. Tapi tidak berarti The Skeleton Twins ini tidak worth it sepenuhnya, film yang mengisahkan hubungan kakak adik super depresif ini masih punya momennya tersendiri untuk membuat saya terpaku di depan layar kaca walau sayangnya momen tersebut memang tidak bertahan terlalu lama juga.

The Skeleton TwinsApa yang terlintas di benak anda kalau misalkan anda mau bunuh diri ternyata ada telepon yang mengatakan bahwa saudara kandung anda berhasil diselamatkan dari percobaan bunuh diri? Takdir! Itulah jawabannya. Setidaknya itulah takdir yang mempertemukan kembali Milo (Bill Hader) dan Maggie (Kristen Wiig) setelah sepuluh tahun lamanya mereka berpisah karena menjalani hidup masing-masing. Sampai detik-detik bunuh diri yang gagal, Milo tidak pernah tahu kalau dirinya akan bertemu lagi dengan Maggie yang sedari kecil selalu ada di sampingnya sebagai saudara yang setia. Kehadiran Milo pun membawa arti bagi Maggie yang hidupnya seperti terlihat bahagia di luar tapi ternyata rapuh di dalam. Tidak heran pertemuan kembali dua saudara kandung ini membawa banyak cerita, dan tidak sedikit dari cerita depresif masing-masing karakter masih ada secuil kebahagiaan yang harusnya bisa disyukuri oleh mereka berdua.

Somehow, The Skeleton Twins cukup menarik hati di menit-menit awalnya, film kedua sutradara Craig Johnson ini mempunyai dukungan aktor dan aktris yang kuat karakter komikalnya. Penampilan Bill Hader yang menjadi seorang gay melambai cukup kocak dan meyakinkan, seriously! Sangat meyakinkan, sedangkan Kristen Wiig yang kebagian tugas memerankan seorang istri kurang bahagia dan kurang tersalurkan nafsu seksualnya juga bisa dibilang oke walau perannya disitu tampak generik bagi saya pribadi, kurang berkembang. Tapi ketika dua karakter ‘fucked-up’ ini bersatu, chemistry kakak adik diantara mereka mulai terlihat bahkan saya merasa kalau mereka ini sebenarnya bisa lho jadi kakak adik betulan. Sayangnya kalau dari segi cerita, alurnya ‘naik turun’ di tengah-tengah sehingga saya tidak bisa menikmati perjalanan menuju endingnya yang luar biasa depresif itu. Kalau anda penggemar serial Modern Family, anda juga bisa menyaksikan aksi Phil Dunphy alias Ty Burrell sebagai pemeran pembantu disini, perannya yang serius justru membuat saya geli, ha-ha. At least sebagai sebuah film drama komedi yang mengusung kenestapaan dalam hidup dan berkeluarga, The Skeleton Twins got the point, tapi dari segi kenikmatan saya pribadi dalam menonton filmnya, well, not bad but to be honest nothing special too.

Rating: 2.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s