Before I Go to Sleep (2014/US)


Before I Go to SleepZerosumo.netBefore I Go to Sleep merupakan salah satu film yang cukup membuat saya penasaran dari dulu, kenapa? Simple saja, ceritanya mirip dengan Memento maupun 50 First Dates, dimana ada seorang wanita bernama Christine (Nicole Kidman) yang selalu hilang ingatan setiap dia bangun tidur pagi-pagi. Ketika Christine bangun, ia melihat ada seorang pria tidur disampingnya, pria tersebut adalah Ben (Colin Firth) yang ternyata suami Christine dan sudah menikah selama 14 tahun lamanya. Layaknya film Memento ataupun 50 First Dates, Christine mulai mengumpulkan memori-memorinya yang hilang walau hal tersebut memang sulit, beruntung ia dibantu seorang dokter bernama Nasch (Mark Strong). Tapi entah kenapa Christine menyadari ada yang tak beres karena Ben maupun Dokter Nasch seperti menyembunyikan sesuatu dari memorinya yang hilang.

Before I Go to SleepPremis filmnya menarik, bukan? Kurang lebih mengingatkan saya pada Memento dimana ada seorang pria yang juga sedang berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan dirinya dengan mengumpulkan memorinya perlahan-lahan. Bedanya di film Before I Go to Sleep, Nicole Kidman—yang entah kenapa tidak terlihat menua sedikitpun—tidak mengumpulkan memori yang didapatnya dengan cara mentato dirinya, melainkan dengan cara merekam dirinya sendiri lewat sebuah kamera. Sayangnya, dengan setting minimalis dan juga jajaran aktor dan aktris yang kurang lebih sama-sama minimalis, Before I Go to Sleep terlalu lama membangun plot misterinya di awal film, justru di setengah jam terakhir, film berdurasi 90 menit ini mulai menemukan titik terang. Padahal saya sudah berusaha menebak-nebak siapakah orang yang bertanggung jawab atas hilangnya ingatan Christine, sayang pace film ini kurang padat dan singkat serta intensitas ketegangannya memang kurang sedari awal.

Padahal film ini digarap oleh Rowan Joffe yang sebelumnya pernah menangani naskah 20 Weeks Later dan juga arthouse ciamik, The American. Entah kenapa mungkin karena ekspektasi saya juga yang menganggap film ini bakal seperti Memento campur 50 First Dates versi kelam dan tidak lucu serta tidak menye-menye, jadi saja kenikmatan menonton Before I Go to Sleep kurang maksimal. Nicole Kidman yang didapuk sebagai leading actress di film ini juga tidak memberikan penampilan yang memorable, karakter yang ia perankan bisa diperankan siapa saja, tapi saya sendiri agak pangling melihat aktris cantik yang mungkin saya sudah lupa film terakhirnya kapan saya tonton. Aktris yang berambut pirang di film ini masih terlihat muda layaknya Tom Cruise dan Keanu Reeves serta puluhan aktor aktris Hollywood yang keliatannya memang hidup abadi, ha-ha. Well, jangan terlalu berharap banyak pada film ini, tapi kalau anda belum pernah menonton Memento sih anda pasti bakal tertarik dengan jalan cerita yang tersaji di Before I Go to Sleep, otherwise film ini so-so saja dan endingnya terlalu manis untuk jadi ending film drama misteri, he-he.

Rating: 2.75/5

4 thoughts on “Before I Go to Sleep (2014/US)

  1. Iya betul. Perasaan yang sama juga saya tangkap saat menonton film ini.

    Percaya banget sama review dari web ini. Menarik. Keep posting! ^^

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s