The Guest (2014/US)


The GuestZerosumo.netThe Guest adalah salah satu film yang memukau saya di awal tahun 2015. Entah kenapa saya sangat terhibur dengan adanya film yang dibintangi Dan Stevens ini, saya harus berterima kasih kepada Adam Wingard yang pernah membesut karya brutal seperti You’re Next dan beberapa segmen film pendek di The ABC’s of Death maupun V/H/S. Kalau anda nonton The Night at the Museum: Secret of the Tomb yang rilis akhir tahun kemarin anda pasti ingat dengan Lancelot yang cukup konyol diperankan Dan Stevens, tapi jangan kaget, karena penampilan aktor berambut pirang di The Guest sangat jauh dari yang namanya konyol, karena di sini, pria yang diet ketat selama syuting itu menjelma menjadi mesin pembunuh yang mempunyai tatapan sedingin es.

The GuestThe Guest mempunyai alur cerita yang terbilang sederhana dan mungkin beberapa kritikus snob menyebut film berdurasi 90 menitan ini bodoh. Tapi saya tidak begitu peduli pada kritikan semacam itu, selama filmnya menghibur dan gila, saya sih asyik-asyik saja. Dan Stevens di sini berperan menjadi seorang tentara yang baru pulang bernama David. Anehnya David pulang ke rumah keluarga Peterson, dimana di sana ia memperkenalkan diri sebagai teman dari anak keluarga Peterson yang gugur di medan perang. Sang ibu yang bernama Laura (Sheila Kelley) pun mengijinkan David tinggal sementara di rumahnya, karena bagaimanapun Laura masih dalam masa berkabung dan kehadiran David somehow membuat dirinya tenang, tapi tidak dengan Anna (Maika Monroe), anak gadis Laura yang merasa curiga dengan David, karena semenjak kehadiran David banyak kejadian aneh bin ajaib terjadi dan diantaranya adalah kasus-kasus kematian misterius.

Satu orang tamu yang membawa banyak perubahan signifikan bagi keluarga Peterson, plotnya memang sederhana tapi Adam Wingard mengemas The Guest dengan sangat asyik, dimana ia memperlihatkan kepiawaiannya dalam membalut kekerasan jadi terlihat makin cantik di layar kaca. Bayangkan saja film Jason Bourne tapi dengan kondisi lebih brutal. Walau skup film ini sempit hanya berkutat di sebuah rumah sederhana dan satu kota kecil tapi aksi dan kekerasan yang ada tetap eksplosif, tidak diperlihatkan semua dari awal, tapi dengan pintarnya Adam Wingard menyajikan satu persatu ketidakberesan David dengan perlahan-lahan, sampai akhirnya kegilaan terjadi di puncaknya. Mau tidak mau, Dan Stevens menjadi perhatian utama di film yang naskahnya masih ditulis oleh partner Adam Wingard dalam You’re Next, yaitu Simon Barrett. Penampilannya sang Sir Lancelot yang dingin dan super bulky itu benar-benar menjadi magnet dan jualan utama The Guest, saya yakin para wanita tidak akan berkedip ketika melihat scene David yang baru keluar dari kamar mandi, sama halnya dengan para pria yang tidak akan berkedip ketika melihat semua scene dimana David menghajar dan membunuh orang-orang di sekitarnya, ha-ha. Tunggu apalagi? Kalau anda suka film aksi menegangkan yang kekerasannya tidak tanggung-tanggung, The Guest wajib hukumnya untuk ditonton, lupakan alur ceritanya yang klise, nikmati saja kegilaan David sebagai tamu misterius di film The Guest.

Rating: 4/5

2 thoughts on “The Guest (2014/US)

  1. film yang cukup gila. di awal sangat terpesona dengan sosok david yang baik hati dan super cool.. tapi lama-lama menunjukkan aslinya haha. ternyata ungkapan “diam-diam menghanyutkan” bukan cuma sekedar ungkapan. aktingnya super coooooll

    endingnya bikin dongkol abis nih. seperti kata “anna” di ending film : “what the fck?????”

    haha,

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s