Life After Beth (2014/US)


Life After BethZerosumo.net – Bicara film zombie, sudah lama sebenarnya saya berniat untuk menonton film zombie berjudul Life After Beth dan akhirnya baru kesampaian kemarin. To be honest, Life After Beth merupakan film zombie yang cukup menghibur dan cukup fresh, karena konsepnya tergolong cukup baru dan cukup realistis kalau bicara soal zombie. Dulu ada film berjudul Warm Bodies yang menceritakan tentang zombie yang bisa kembali jadi manusia karena jatuh cinta, tapi Life After Beth ini sebaliknya, ketika seorang pria terlalu mencintai pacarnya sendiri walaupun sang pacar sudah berubah jadi zombie.

Sang pria tersebut adalah anak muda bernama Zach (Dane DeHaan) yang baru saja berkabung karena sang pacar, Beth (Aubrey Plaza) meninggal dunia karena insiden ketika hiking. Keluarga Beth pun sama sedihnya dengan Zach, apalagi sang ayah, Maury (John C. Reilly) yang menganggap Zach seperti anaknya sendiri. Anehnya, beberapa hari setelah kematian Beth, Zach yang masih belum bisa move on mendapati Beth sedang mondar mandir layaknya orang normal. Hal tersebut membuat Zach jadi seperti orang gila apalagi ketika mengetahui kenyataan bahwa orang tua Beth pun memaklumi hal tersebut, bahwa Beth bangkit dari kematian seperti Jesus. Sayangnya, pikiran orang tua Beth salah besar, karena ketika Zach mulai merajut kembali hubungan manisnya dengan Beth, wabah ‘bangkit dari kubur’ pun mulai terjadi di sekeliling mereka.

Life After BethFilm ini tidak full frontal konyol tapi entah kenapa Life After Beth memberikan sesuatu yang cukup ‘segar’ untuk skala film zombie minimalis. Kadang kita tidak pernah tahu dengan jelas apa yang terjadi ketika wabah zombie dimulai dan apa tanggapan orang-orang saat mengetahui hal itu benar-benar terjadi. Life After Beth mengeksplorasi transisi tersebut dengan bumbu romansa Zach dan Beth serta memperlihatkan sedikit sisi psikologis seseorang yang belum siap kehilangan orang tercintanya sampai akhirnya mereka harus menerima kenyataan bahwa orang yang sudah mati akan tetap mati selamanya. Semua hal tersebut disajikan dengan gaya cukup jenaka dan membumi, tidak berusaha untuk selucu film-film parodi zombie pada umumnya dan tidak juga berusaha untuk terlihat seserius The Walking Dead atau semacamnya.

Jeff Baena selaku sutradara berhasil mengerjakan tugasnya cukup baik, karena kalau bicara film zombie, sudah jarang film yang punya pendekatan fresh seperti Life After Beth, mungkin dulu ada Zombieland atau Shaun of the Dead tapi Life After Beth mempunyai ciri khas lain yang sama-sama membuat film ini asyik ditonton. Belum lagi akting perdana Dane DeeHan yang biasanya tampil sangar di film bergenre komedi, kali ini ia tampil bak remaja muda yang mulai memahami perbedaan cinta monyet dan cinta betulan, sama halnya dengan Aubrey Plaza yang bisa memberikan penampilan meyakinkan seorang manusia yang bertransisi menjadi zombie. Overall, Life After Beth sangat menghibur saya pribadi dan cukup sesuai ekspektasi saya, ada sudut pandang baru tentang film zombie yang formulanya sebenarnya itu-itu saja tapi dibuat dengan cara berbeda dan tidak repetitif. Well done.

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s