The Trip to Italy (2014/UK)


The Trip to ItalyZerosumo.net – Michael Winterbottom merupakan salah satu sineas yang sudah cukup lama berkolaborasi dengan komedian Steve Coogan dari jaman film 24 Hours Party People sampai film terakhirnya yang baru saya tonton kemarin, The Trip to Italy. Film yang dibintangi oleh komedian Steve Coogan dan Rob Brydon ini luar biasa unik dan agak tidak seperti biasanya, karena di dalamnya, Steve Coogan dan Rob Brydon memerankan diri mereka sendiri, tapi The Trip to Italy bukanlah film dokumenter, melainkan murni film fiksi yang diperankan oleh Steve Coogan dan Rob Brydon versi Michael Winterbottom. Bingung kan? Ha-ha, langsung saja tonton filmnya, tapi sebagai gambaran, The Trip to Italy merupakan salah satu film ‘coming of age’ dibalut road trip movie yang cukup asyik ditonton, apalagi kalau anda suka dengan kebudayaan dan kuliner Italia tentunya.

The Trip to ItalySteve Coogan dan Rob Brydon adalah dua orang yang pernah sukses membuat acara review restoran di Inggris raya, tapi setelah masa hiatus yang cukup lama, mereka diminta kembali untuk mereview restoran-restoran di Italia. Maka Steve dan Rob pun menjelajahi kota-kota di Italia sambil membicarakan hobi, masalah dan lika liku profesi mereka selama hidup. Coming of age versi Michael Winterbottom ini memang tergolong ‘nyeleneh’ karena Steve dan Rob seperti tidak punya dialog baku ketika proses syuting belum dimulai, ha-ha. Saya melihat interaksi Steve dan Rob luar biasa mengalir dan sangat natural apalagi ketika mereka mulai menirukan gaya bicara para selebriti ternama Hollywood. Ya, film berdurasi hampir dua jam ini akan menguji seberapa hebat anda dalam mengenali siapa saja suara selebriti yang ditirukan oleh Steve dan Rob, apalagi beberapa diantaranya ditirukan luar biasa mirip dan tidak sedikit juga yang membuat saya tertawa.

The Trip to Italy memang bukan film road trip untuk semua orang, karena alur ceritanya yang linear pun nyaris tanpa konflik yang berarti, semua berjalan apa adanya seperti air yang mengalir di sungai yang tenang, dan membuat film hanya yang hanya diisi obrolan antar dua karakter utamanya itu memang tidak gampang dan bukan pekerjaan sepele. Walau tidak sempurna, setidaknya duet Steve Coogan dan Rob Brydon cukup membuat saya ingin menonton filmnya sampai habis karena sebenarnya masalah-masalah yang mereka bicarakan sepanjang film ini berjalan bukanlah masalah rumit, melainkan masalah kehidupan sehari-hari yang mungkin sering kita rasakan, dari mulai kegalauan sampai eksistensi di usia yang sudah tidak muda lagi. Overall, sebagai sebuah film yang dibintangi dua komedian, The Trip to Italy tetap punya momen-momen kocak, sekaligus membuktikan apapun yang dibicarakan mereka bisa berpotensi menjadi bahan lawakan seperti pembicaraan tentang album Alanis Morisette yang selalu diputar selama perjalanan Steve dan Rob. Hal tersebut membuktikan bahwa kerjasama Michael Winterbottom dan Steve Coogan memang selalu ampuh untuk menghasilkan film-film yang menghibur, setidaknya menghibur bagi orang yang mengikuti sepak terjang mereka. Kalau anda penasaran, ya silakan tonton saja langsung. Hope you’ll like it.

Rating: 3/5

NB: Beberapa cuplikan tentang hebatnya mereka menirukan suara para selebriti ternama.

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s